20 Ide Kreatif Upcycling : Barang Lama Jadi Baru

Kamu lagi nyari ide kreatif upcycling ya? Yep, kamu nggak salah baca. Kalau kamu masih sibuk berkutat dengan recycle/recycling, sekarang sudah saat nya kamu tahu tentang tren barang lama jadi baru. Upcycling nggak sekadar mendaur ulang barang lama, tetapi menjadikan barang itu lebih bernilai atau memiliki fungsi baru. Mau tahu gimana cara mengubah barang lama jadi baru? Yuk simak referensi yang telah Youngnesia kumpulkan khusus buat kamu:

Bingkai Kaca Mainan



Punya mainan mobil-mobilan yang udah nggak terpakai lagi? Jangan dibuang! Belilah kaca atau memakai kaca yang sudah ada, rekatkan mainan mobil-mobilan di sekeliling kaca hingga membentuk bingkai.

Rak Kaleng



Lubangi kaleng bekas, siapkan shower hook, gantungkan seperti pada gambar. Kamu punya tempat penyimpanan baru tanpa harus beli. Bisa kamu pakai untuk menyimpan kuas, alat tulis, peralatan dapur, dsb.

Chandelier dari Spatula Kocok



Gantungkan spatula kocok, letakkan lilin di tengah-tengahnya. Gunakan senar untuk menggantungkan spatula tersebut ke langit-langit.

Bekas Tutup Botol



Punya botol aqua yang sudah kosong? Jangan buru-buru dibuang. Potong bagian atas hingga sedikit ke bagian lehernya. Gunakan untuk menutup plastik makanan. Trik upcycling yang satu ini must try banget!

Lampu Gantung Payung



Punya payung yang sudah rusak? Jadikan lampu gantung dengan melubangi bagian ujungnya untuk diletakkan lampu. Akan lebih keren lagi jika payungnya seperti ini.

Kursi Penggantung Handuk



Kursi yang sudah rusak bisa kamu sulap menjadi tempat menggantung handuk dengan memanfaatkan bagian sandaran dan kaki belakangnya.

Wadah Spaghetti



Punya spaghetti kering yang belum sempat dibuat? Bingung di mana menaruhnya? Gunakan kaleng bekas Pringles, kelupas pembungkusnya, hiasi, dan gunakan sebagai wadah spaghetti kering, makroni, dsb.

Pintu Foto



Sulaplah pintu yang sudah tak terpakai menjadi tempat album foto dan tempat menggantung jaket dengan menambahkan hook di bagian bawah. Letakkan di ruang tamu atau di ruang keluarga.

Kaleng Romantis



Ingin mengadakan candlelight dinner romantis bersama pacarmu? Manfaatkan kaleng bekas di rumahmu. Lubangi permukaannya, letakkan lilin di dalamnya. Jadilah wadah lilin dengan pendar romantis untuk makan malam kamu.

Lampu Mainan



Punya lampu meja dan bosen dengan desainnya yang gitu-gitu aja? Manfaatkan bekas mainanmu atau mainan adikmu, tumpuk hingga membentuk suatu harmoni, ulas dengan cat sewarna, jadilah lampu unik yang cuma kamu yang punya.

Koper Boneka



Koper yang udah nggak terpakai jangan dibuang. Dandanilah sedikit dan sulaplah menjadi rumah boneka lengkap dengan perabotannya. Kamu bisa jadikan ini alternatif hadiah kreatif kalau kamu punya keponakan, adik, dsb yang lagi ulang tahun.

Greenhouse Buatan Sendiri



Yang suka berkebun, jangan takut kalo nggak bisa bikin greenhouse untuk tanaman kamu yang sensitif. Mintalah pandai besi untuk membuatkan rangka, gunakan semua wadah aqua ukuran 1 liter dan voila! Jadilah greenhouse murah spesial buat tanaman kamu.

Vertical-qua Garden



Masih dengan botol aqua literan nih. Susun tali atau senar, potong botol aqua besar sampai sebatas ruas lehernya, gunakan untuk tanaman-tanaman perdu dan gantungkan.

Lampu Gantung Mason Jar



Pengen lampu gantung tapi cuma punya budget buat beli 4 toples, kayu dan tali tambang? It’s okay. Coba praktekkan gambar ini. Cocok banget buat yang pengen punya kafe ala-ala vintage atau sekedar kepengen menghias rumahnya dengan budget mefed.

Wadah Saos Bikin Rapi



Nggak ada lagi yang namanya laci atau meja berantakan kalau kamu selalu nyimpen wadah saos yang biasa kamu dapat di restoran-restoran cepat saji. Lem jadi satu dan tiba-tiba kamu punya organizer dengan harga murah (gratis malah!).

Biar Nggak Dimarahin Mama


Pernah dimarahin karena mecahin guci atau piring kesayangan Mama? Coba ambil potongan paling estetis dari pecahan tersebut, jadiin kalung dan kasih ke mamamu.

Baki Diskotik



Punya baki yang udah dekil? Ambil CD yang udah nggak kepake, pecahin, tempel satu-satu. Persis kayak prakarya mozaik jaman SD. Bedanya ini pake pecahan CD. Kalo udah jadi, dijamin kamu rasanya kayak pengen ngebawa baki kamu ikutan dugem.

Lemari Jerigen



Ortu kamu pedagang yang sehari-harinya berurusan dengan jerigen? Coba sulap jerigen yang udah nggak kepakai jadi laci dadakan supaya lemari kamu nggak berantakan lagi.

Kipas Angin Vintage



Punya kipas angin yang warnanya udah nggak banget? Kipas angin vintage ini cuma butuh sedikit kreativitas kamu. Gunakan cat minyak and be crazy with the paint! Kalau kamu cukup artistik, kamu bisa loh jual kayak gini di online shop. Barang lama jadi baru banget kelihatannya.

Kuas Aztec



Kuas kamu yang udah dekil bisa loh kamu jadiin ornamen untuk ngehias rumahmu. Misalnya seperti gambar ini. Kamu ibaratin aja itu rambut dan badan orang aztec.

Upcycling seru kan? Ada yang udah berencana untuk segera mencoba? Share yuk pengalaman kamu upcycling barang-barang di sekitarmu! Tulis di kolom komentar ya!

0 Response to "20 Ide Kreatif Upcycling : Barang Lama Jadi Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel