Menjelajah Dan Merasakan Eksotis Rasa Makanan Khas Madura

Madura adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan karapan sapinya. Karapan sapi merupakan ikon kota Madura yang sudah terkenal hingga luar negeri. Madura juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan yang tak kalah menarik adalah makanan khasnya.

Siapa diantara kamu yang sudah pernah mencoba atau bahkan menyukai makanan khas Madura? Bagaimana rasanya? Unik bukan?

Citarasa makanan Madura memang memiliki kekhasan tersendiri yang berbeda dengan makanan khas indonesia lainnya. Selain citarasa, sajian serta cara pengelolaannya menjadi salah satu perbedaan makanan Maduradengan makanan di daerah lainnya. Berikut adalah daftar makanan khas Madura yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke Kota ini:


Soto Madura


makanan khas madura: soto madura
www.gedoor.com

Makanan Khas Madura yang satu ini pasti sudah sangat akrab bagi kamu, karena hampir disetiap daerah di Indonesia ada makanan ini, Soto. Bedanya Soto Madura dengan soto daerah lain adalah bahan dasarnya yang menggunakan daging sapi, telur rebus, tauge, dan kentang goreng. Adapun bumbu kuahnya terdiri atas bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, jeruk purut dan garam.

Cara penyajian soto Madura adalah dengan taburan daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng. Untuk pelengkap masakan khas Madura yang satu ini dihidangkan dengan sambal dan irisan jeruk nipis.

Di Sumenep,soto disajikan dengan singkong rebus. makanan khas madura jawa timur yang unik ini memakai tauge goreng, bihun, bawang daun, bawang goreng, daging sapi dan usus sapi. Soto sumenep disajikan dengan bumbu kacang yang dibuat dari kacang, petis, dan pisang muda yang diulek hingga halus.

Lain di Sumenep lain lagi di Pemekasan. Soto pemekasan berbahan kentang rebus, perkedel kentang, dan tauge yang diguyur kuah kaldu bening berbumbu merica dan bawang putih. Soto sumenep dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan daun sledri. Sebagai pelengkap soto dimakan dengan lontong, rempeyek, da bakwan jagung.

Soto bangkalan berbeda lagi, soto di daerah ini memakai bahan daging ayam atau jeroan sebagai pengganti daging sapi yang ditaburkan dengan taburan kentang goreng. Untuk kuahnya, makanan ini memiliki dua jenis yakni kuah bening dan kuah kuning.


Nasi Jagung


makanan khas madura: nasi jagung

Makanan khas madura jawa timur lainnya adalah nasi jagung. Jagung di Madura adalah salah satu bahan makanan yang digunakan sebagai makanan pokok selain nasi atau beras. Jika kamu berkunjung ke Madura, penjual nasi jagung dapat dengan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Biasanya penjual nasi jagung membawa dagangannya dalam bakul bambu. Makanan khas yang sederhana ini memiliki citarasa yang unik, yang jarang kamu temui sehingga bisa membuatmu ketagihan.

Makanan khas ini dibuat dari beras jagung dengan campuran sedikit beras putih biasa. Nasi jagung terasa sedap karena disajikan hangat, yang dilengkapi dengan urap segar dari toge dan kacang panjang. Selain urap toping makanan juga bisa diganti dengan sayur lodeh, dan untuk lauknya pepes tongkol dan tempe bumbu.


Kaldu kokot


makanan khas madura: kaldu kokot

Masakan khas madura yang satu ini cukup unik. Kaldu kokot atau biasa disebut dengan kokot merupakan makanan unik yang hanya dijumpai di daerah Madura. Tampilannya mirip bubur kacang ijo, karena kaldu kokot menggunakan bahan utama kacang ijo. Meski sama-sama berbahan kacang hijau, rasa kaldu soto berbeda. Kaldu kokot berasa asin dengan aroma daging yang kuat karena menggunakan kikil sapi dan berbumbu rempah. Makanan ini makin terasa sedap dengan taburan bawang merah goreng dan seledri.


Sate Madura


masakan khas madura: sate madura

Sate adalah makanan yang terkenal di Madura, dan mudah dijumpai di daerah-daerah lain di Indonesia. Sate Madura bahan utamanya selain menggunakan Ayam juga bisa menggunakan daging kambing. Yang menjadi ciri khas dari sate ini adalah bumbunya yang dibuat dari campuran kacang yang ditumbuk halus bersama petis dan sedikit bawang merah.


Sate laler


masakan khas madura: sate laler

Dari namanya sate ini memang terdengar menjijikkan, yaitu laler. Dalam bahasa indonesia laler adalah lalat. Tapi sebenarnya sate laler di Madura bukanlah sate yang dibuat dari lalat atau laler. Seperti sate-sate yang lain, sate ini dibuat dari daging kambing atau ayam. Namun, daging kambing atau ayam dipotong kecil-kecil sebelum ditusuk dan dibakar. Karena potongan dagingnya yang kecil-kecil inilah sate ini disebut dengan sate laler karena menyerupai lalat ketika sudah mateng

Proses pembakaran sate ini tidak terlalu lama karena potongan sate ini yang kecil sehingga daging menjadi lebih cepat matang. Rasa sate laler ini tidak berbeda dengan sate lainnya, tetapi bumbunya terasa lebih meresap. Sate lalat disajikan dengan bumbu kacang, sambal dan kecap.


Kocor


makanan khas madura jawa timur: kocor

Kocor adalah makanan khas daerah yang terbuat dari gula aren atau gula dari pohon siwalan yang dicampur dengan tepung, kemudian adonan kocor digoreng.


Nasi Serpang


makanan khas madura jawa timur: nasi serpang

Nasi serpang adalah makanan khas Madura yang terdiri dari nasi putih, sayur krecek da tahu, pepes ikan tongkol, dendeng kering, kerang, peyek udang dan potongan telur asin. Cara menemukan makanan ini cukup mudah karena makanan ini hampir bisa ditemui di sepanjang jalan kota Madura.


Topak Ladeh


makanan khas madura bangkalan: topak ladeh

Topak Ladeh adalah makanan khas madura bangkalan yang dibuat dari irisan lontong yang dipadukan dengan sayur lodeh khas Madura. Lodeh dibuat dari kacang panjang dan irisan tahu yang dimasak dengan bumbu cabai dan atasnya diberi taburan sambal bubuk dari rempah-rempah dan kedelai bubuk.


Tajin Sobih Bangkalan


makanan khas madura bangkalan: tajih sobin

Tajin Sobih merupakan makanan khas madura bangkalan yang mirip dengan bubur sumsum. Tajin adalah makanan yang berbahan dasar pathi yang dibuat bubur dan disajikan dengan siraman gula merah cair.

Kalo kamu datang ke Madura, jangan lupa menjelajahi rasa masakan khas Madura yang eksotis diatas.

1 Response to "Menjelajah Dan Merasakan Eksotis Rasa Makanan Khas Madura"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel