Ini Dia Kenakalan Remaja di Sekolah yang Sebenarnya Guru Mengetahuinya

Memang tidak bisa disangkal kalau banyak siswa melakukan kenakalan remaja di sekolah, seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya. Akan tetapi, jangan anggap bahwa guru tidak tahu menahu tentang apa yang dilakukan muridnya. Iya, sebenarnya guru tahu, tapi tidak semua dari mereka secara spontan memperlihatkannya. Beberapa dari mereka memilih diam dan tidak ikut campur.

Nah, jangan kaget jika kamu menemukan nilai ulangan atau rapot yang bisa membuat kamu shock, mungkin kamu tidak sadar kalau guru mengetahui apa yang telah kamu lakukan. Makanya, hindari beberapa contoh kenakalan remaja di sekolah berikut ini.


Tidur di Kelas


kenakalan remaja di sekolah: tidur dalam kelas

Mungkin karena aktifitas siswa yang terlalu banyak, beberapa siswa sering tertangkap sedang tidur di kelas ketika guru menjelaskan materi. Bagaimanapun posisinya dan dimanapun dia menyandarkan kepala kamu, guru tahu kalau dia sedang “bermimpi”.


Texting


contoh kenakalan remaja di sekolah: sms dalam kelas

Karena efek negative dari perkembangan teknologi, masing-masing siswa punya alat komunikasi. Permasalahan sering timbul ketika siswa membawa smartphonenya ke dalam kelas. Tidak jarang ditemukan siswa yang asyik chatting dengan teman-temannya secara online. Meskipun dilakukan secara sembunyi-sembunyi, tetap saja mereka tidak bisa menipu penglihatan guru. Maka untuk mengatasi kenakalan remaja di sekolah ini, banyak sekolah yang melarang siswanya membawa alat komunikasi.


Ngobrol


kenakalan remaja di sekolah: ngobrol di dalam kelas

Ada yang takut ngobrol terang-terangan sewaktu proses belajar mengajar berlangsung di kelas dengan cara chatting menggunakan hp androidnya, tapi ada juga yang berani secara terang-terangan ngobrol dengan teman sebangku maupun teman yang duduk di sebelah maupun depan dan belakangnya.


Cinlok


kenakalan remaja di sekolah: cinta lokasi dengan teman sekelas

Tidak jarang juga ada yang namanya cinta lokasi. Iya, cinta satu kelas sering juga terjadi. Beberapa kasus kenakalan remaja di sekolah adalah ketika mereka membicarakan sesuatu di dalam kelas sementara yang lain sedang focus mendengarkan penjelasan guru.


Copy Paste


kenakalan remaja di sekolah: copy paste tugas

Kasus kenakalan remaja di sekolah yang lebih berat adalah ketika mereka dengan sengaja dan tanpa merasa bersalah meng-copy paste hasil pekerjaan orang lain. Ini sering terjadi ketika siswa diberikan PR. Mereka tinggal mencari informasi terkait di internet kemudian menjiplaknya secara mentah-mentah.


Nyontek


kenakalan remaja di sekolah: mencontek saat ujian

Sepertinya siswa di Indonesia tidak bisa lepas dari kenakalan remaja di sekolah yang satu ini. Mencontek pekerjaan teman ketika ulangan atau ujian sering sekali ditemukan. Secerdik apa trik mereka mencontek, tetap saja guru akan menangkap sinyal-sinyal kecurangan ini.


Tidak Bawa Buku


kenakalan remaja di sekolah: tidak bawa buku pelajaran

Ketika sudah diumumkan bagi para siswa wajib membawa buku pegangan, misalnya, pada pertemuan sebelumnya, biasanya ada siswa yang lupa membawanya. Meskipun seorang siswa mengakui buku yang ada di atas mejanya adalah bukunya, sebenarnya dari sikap yang tidak sengaja kamu tunjukkan, guru tahu kalau buku itu adalah buku teman sebangkumu.


Tidak Mengerjakan PR


kenakalan remaja di sekolah: tidak mengerjakan PR

Kebanyakan siswa malas mengerjakan PR. Mereka hanya melihat pekerjaan teman dan mencontek sesaat sebelum kelas dimulai. Meskipun pada saat pelajaran dimulai kamu sudah “menyelesaikan” PR kamu, tapi guru tahu kok siapa yang mengerjakan di rumah dan siapa yang mengerjakan sesaat menjelang masuk kelas.


Tidak Belajar


kenakalan remaja di sekolah: tidak belajar pada malam harinya

Ketika siswa ditanya dan hanya tengak-tengok tidak bisa menjawab, bisa disimpulkan jika dia tidak mempersiapkan diri dan materi sebelum masuk kelas. Sudah sangat jelas terlihat kalau pada malam harinya dia tidak belajar.



Suatu kesalahan yang dilakukan tetapi si pelaku tidak sadar melakukannya atau merasa tidak ada seseorang yang tahu melainkan dirinya adalah suatu hal yang konyol. Nah, seberapa konyol kamu melakukan kenakalan remaja di kelas seperti yang dirangkum di atas? Share di sini ya!

0 Response to "Ini Dia Kenakalan Remaja di Sekolah yang Sebenarnya Guru Mengetahuinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel