8 Cara Belajar Efektif yang Patut Kamu Coba Agar Nilai Ujianmu Bagus

Sobat, kali ini Youngnesia akan membahas mengenai cara belajar efektif menghadapi ujian. Ujian sering kali menjadi sebuah momok yang menyeramkan bagi para pelajar dan mahasiswa, sampai-sampai ada yang mules-mules saat hendak masuk ruang ujian. Selama kamu masih sekolah kamu bakalan ketemu terus sama yang namanya ‘ujian’ suka nggak suka, kamu harus mengerjakan soal yang telah dibagikan di depan mu.

Supaya kamu nggak mules atau pusing saat mengerjakan ujian, ini nih ada metode belajar yang bisa kamu coba agar nilai ujianmu cemerlang. Berikut cara belajar efektif yang ampuh agar nilai ujianmu bagus:


Buat ringkasan


cara belajar efektif dengan membuat ringkasan materi

cara belajar yang baik pertama agar kamu cepat faham dengan materi yang diujikan adalah membuat ringkasan. Setelah membaca semua materi yang akan diujikan, kamu bisa menuliskan kembali konsep penting dari materi yang sedang kamu pelajari menjadi tulisan singkat.

Tidak semua yang ada di buku menjadi poin yang penting, makannya kamu harus memilah dan memilih poin-poin mana sajakah yang penting. Hal ini bisa memudahkanmu dalam belajar, selain itu terkesan materi yang kamu tidak terlalu banyak karena sudah kamu ringkas menjadi tulisan yang singkat, padat dan jelas.

Ingat kata kuncinya


cara belajar yang baik dengan mengingat kata kuncinya

Agar memudahkan kamu untuk mengingat materi yang kamu pelajari, cara belajar yang baikselanjutnya adalah ingat kata kuncinya. Kata kunci dalam sebuah konsep biasanya berupa istilah atau frasa penting yang bisa mengingat penjelasan lebih jelas dari materi tersebut.

Atau ingat cara kerjanya, misalnya mengenai demokrasi, kamu bisa mengingat kata kuncinya yaitu pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Dengan begitu kamu akan bisa menemukan jawaban yang benar dari pertanyaan dari ujian.


Beri tanda pada buku


cara belajar efektif dan efisien: memberi tanda di buku

Ini adalah tips cara belajar efektif paling jadul, memberi tanda pada buku materi yang kamu pelajari. Caranya berbagai macam ada yang menggunakan stabilo, ada yang menggunakan pulpen warna atau ada yang menggunakan sticky note pada buku pelajaran. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membaca materi, karena kamu akan fokus pada hal yang kamu anggap penting yang sudah kamu beri tanda.

Buat mind map


tips cara belajar efektif: membuat mind map

Kamu ngerasa bahan ujian banyak banget? Coba deh cara belajar efektif yang satu ini yaitu dengan mempetakan mulai gambar sederhana yang bisa membuat kamu tahu konsep-konsep yang harus dipahami. Membuat Map juga cocok bagi kamu yang cara belajarnya menggunakan visual karena kamu akan bisa menemukan konsep melalui gambar map yang sudah kamu buat.


Ngomong sendiri


cara belajar efektif dengan ngomong sendiri

Tips cara belajar efektif ini adalah cara yang cocok buat kamu yang cara  belajarnya menggunakan audio, atau kamu yang suka belajar sambil mendengarkan atau berbicara. Coba deh kamu membaca materi kemudian kamu jelasin dengan kata-katamu pada dirimu sendiri dijamin hal ini bakalan efektif karena kamu bakalan ingat.

Kamu buktikan ketika kamu baca dan belajar sendiri, dan kamu belajar kemudian menjelaskan kepada diri sendiri dengan kata-kata sendiri mana yang enak buat kamu.

Membaca Ulang Materi


cara belajar yang baik dengan membaca ulang materi

Ketika kamu sudah menyelesaikan membaca materi, coba deh cara belajar efektif dan efisiensatu ini. Baca ulang materinya dijamin kali ini memudahkan kamu mengingat mengenai materi yang sedang kamu baca.


Belajar bersama temen


cara belajar yang baik bersama teman

Belajar bersama teman, kadang menjadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa belajar dengan saling memberikan soal bergiliran atau saling menjelaskan satu sama lain. Dijamin belajarmu bakalan menyenangkan dan kamu bakalan dengan mudah faham mengenai materi tersebut. Kalo kamu nggak bisa kan bisa langsung minta dijelasin sama temen yang udah bisa.

Latihan Soal


cara belajar efektif dan efisien: latihan soal

Cara belajar efektif dan efisien terakhir adalah dengan mengerjakan soal latihan. Mencari latihan soal yang ada di luar sekolah atau mungkin soal bekas kakak kelas, setelah kamu mengerjakan soal, kamu bisa tahu bagaimana tingkat kefahaman kamu mengenai soal materi yang akan diujikan. Tapi ingat, jangan sampai soal latihan menjadi patokan model soal yang bakalan kamu ujikan ya!

Baca: 9 Hal yang Harus Dilakukan Sejak Semester 1 : Persiapan Sebelum Mulai Kuliah



Nah, cara diatas bisa kamu praktekkan saat kamu belajar agar nilai ujian kamu bagus. Tapi inget, jangan hanya belajar saat hendak ujian ya Sobat. 

0 Response to "8 Cara Belajar Efektif yang Patut Kamu Coba Agar Nilai Ujianmu Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel